16 November 2011

Kenapa Harus Linux..??

kenapa harus Linux ?? dulu pertanyaan ini datang dari siri saya sendiri saat baru-baru mengenal linux. pertanyaan yang sebenarnya jawabannya juga ada pada diri kita sendiri sebagai seorang yang setiap hari bergelut di depan layar komputer. yah... sejak masuk jadi mahasiswa di sebuah perguruan tinggi swasta di Kota Mataram hari hari saya selalu ditemani komputer, baik untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah, nyambi cari duit dengan jasa pengetikan, jasa install dan service komputer, walaupun di kala itu masih bantu bantu teman kuliah atau tetangga yang kebetulan lagi butuh bantuaan untuk diinstalkan Windows, entah karna kena virus atau hdd yg jebol dan sering juga ga dibayar (cuma dikasi ngopi sama sebungkus rokok) tapi cukup senang rasanya bisa bantu orang lain.
lho... kok jadi ngelantur gini oms....????
kembali ke pokok permasalahan.. sejak kenal linux pada kisaran tahun 2002-an, saya dan teman kuliah waktu itu  beberapa kali mencoba install Redhat 4.0 di komputer PII punya teman itu, ternyata ga pernah berhasil, ada saja hardware yg ga mau dibaca.. maklum waktu itu instalasi belum seperti sekarang yang tinggal next...next... next langsung jadi, waktu itu instalasi OS linux masih pake text mode, jadi yah... lumayan susah bahkan bisa dibilang susah banget oleh orang-orang yang kemampuan ilmunya terbatas seperti saya, sehingga sempat bertanya dalam hati kenapa sih pake linux ?? saat itu di tempat saya masih jarang sekali orang yang kenal linux... penerapan Undang-undang HAKI pun belum di gembar-gembor kan seperti sekarang ini.. saya sendiri pun tidak tau bahwa linux itu adalah free OpenSource software..

Beberapa bulan berlalu, saya mencoba lagi install Linux saat menemukan buku tentang Linux Mandrake 8  yang di tulis oleh pak I.Made Wiryana yang berjudul "Be Linuxer With Mandrake 8.0" (Lupa-lupa ingat judulnya) kebetulan disertai juga CD instalernya... akhirnya saya coba Install dan saya sempat kaget juga... ternyata Installasinya tak sesulit saat saya install RedHat dulu itu... ternyata sudah Mode GUI. dari itulah saya mulai mencari cari refrensi tentang linux dengan sekali seminggu menyambangi warnet langganan saya.. maklum saat itu tarif warnet masih 10ribuan/jam jadi ga bisa kesana tiap hari.. setelah berbulan bulan barulah saya sadar ternyata.. linux itu adalah solusi untuk mengindarkan kita dari pemakaian Software Bajakan, disamping itu Linux itu free dan bisa di modifikasi sesuai kebutuhan kita. dan juga bisa disebarluaskan untuk kebutuhan profit maupun non profit.

Tidak bisa di pungkiri memang, menggunakan Linux itu tidak semudah menggunakan Windows. apalagi bagi orang yang ga ngerti masalah trouble shooting dan ga biasa ngoprek.. mau install driver printer aja saya harus browsing-browsing dulu di internet, kalau komputer yang di install ada koneksi sih ga masalah. ini memang masih menjadi kekurangan linux, tapi semakin hari perkembangannya luar bisa cepat, komunitas di seluruh penjuru dunia selalu bekerjasama siang malam untuk menyempurnakannya sehingga saat saya nulis ini pun semua hardware komputer saya ga ada yang saya install drivernya.. langsung terbaca semua. di samping itu juga selama bertahun tahun memakai linux untuk bekerja dan konek ke internet ga pernah ada satu virus pun yang masuk menyerang sistem komputer saya (disini hebatnya linux).

Jadi menurut saya... migrasi ke Linux itu sangat penting kenapa..? karna linux itu murah bahkan gratis, untuk kita masyarakat Indonesia jelas tidak akan mmpu membeli windows dengan program-program aplikasinya yang sangat mahal itu (bahkan lebih mahal dari komputernya). dengan linux juga kita terhindar dari pemakaian software bajakan yang jelas jelas mematikan sang pembuat software dan malah memberikan keuntungan untuk para pembajak yang tidak mengerjakan apapun. bayangkan jika anda adalah seseorang yang bekerja sebagai programer komputer dan hasil karya anda "dicuri" dibajak dan dijual kepada orang lain, apa anda tidak sakit hati ??.

sudah saatnya bangsa ini sadar bahwa masih ada program yang bisa di install di komputer kita yang legal dan tidak membayar Lisensi, kita hanya perlu belajar membiasakan dan menyesuaikan diri dengan Linux, sama seperti kita baru mengenal dan belajar Windows...

mungkin tulisan ini bisa menjawab pertanyaan yang ada pada benak rekan-rekan yang mungkin sama dengan pertannyaan saya saat baru mengenal linux
Kenapa harus Linux..??

Tidak ada komentar: